Strategi Berjualan Laris Di Marketplace

 

Materclass Series merupakan serangkaian dari program Inkubasi 1000 Pengusaha Perempuan yang diselenggarakan oleh Uprintis Indonesia telah memasuki week 4.

Yang jadi special dalam week 4 ini adalah hadirnya Blibli.com yang menjadi salah satu E-commerce partnership yang memberikan banyak insight kepada peserta masterclass series tentang pentingnya membuka toko online, sehingga penjualan produk lebih meningkat.

Anda bisa membayangkan marketplace seperti sebuah department store. Banyak penjual dengan berbagai jenis barang dagangan dalam satu lokasi yang sama.

Apa Kelebihan Berjualan di Marketplace?

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjual produk Anda melalui marketplace:

1. Lebih Mudah Memulai

Marketplace memungkinkan Anda memulai bisnis online kapan saja. Anda hanya perlu menentukan marketplace mana yang ingin Anda gunakan, dan mulai mendaftar.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membangun bisnis tersebut melalui Blibli.com, Anda bisa menggunakan akun FacebookGoogle, email atau nomor ponsel Anda.

Setelah tahapan registrasi selesai, Anda bisa mulai mengisi identitas Anda dan bisnis Anda. Selanjutnya, langsung pasang berbagai produk Anda pada etalase toko di marketplace tersebut.

Tiap marketplace bisa saja memiliki cara yang berbeda. Namun, secara garis besar, cukup daftar akun, lalu tampilkan produk.

2. Hanya Perlu Modal Minimal

Selain mudah, mendaftar di marketplace tidak dikenakan biaya. Bahkan, jika sebatas penjual reguler, tidak ada biaya layanan yang dibebankan.

Bergantung marketplace yang Anda gunakan, Anda mungkin hanya akan berbagi profit sebesar 1% per produk jika melakukan upgrade. Tujuan upgrade status keanggotaan adalah mendapatkan berbagai keuntungan promosi dan tingkat kepercayaan pembeli.

Namun, menjadi penjual reguler pun bukan halangan untuk meraih pendapatan dari penjualan produk Anda.

3. Sistem Telah Tersedia

Anda tak perlu repot merancang sistem bagi bisnis online Anda. Marketplace sudah menyiapkan sarana berjualan Anda dengan baik. Mulai dari website dan platformnya, desain yang menarik, alur pembelian produk dan lainnya.

Satu hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunggah foto terbaik produk Anda. Tak lupa juga, berikan deskripsi yang mencerminkan keunggulan produk Anda. Dengan cara ini, produk Anda akan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

4. Pasar Sudah Terbentuk

Sesuai namanya, marketplace adalah sebuah pasar online. Artinya, pembeli akan langsung datang ke pasar jika membutuhkan sebuah produk.

Menggunakan contoh Angeline. Jika seseorang ingin membeli produk kerajinan tangan, ia tak perlu bingung mencari siapa penjual yang memiliki barang tersebut. Ia cukup datang ke pasar online dan membeli produk dengan mudah.

Nama baik sebuah marketplace menentukan keberhasilan bisnis yang Anda jalankan. Baik dari kemudahan akses, hingga tingkat keamanan transaksi yang dikelolanya.

Singkatnya, jika seseorang membeli dari Blibli.com, nama marketplace itulah yang ada di benak mereka, bukan toko Anda. Bagi pebisnis baru, hal ini tentu cukup membantu.

5. Tidak Perlu Strategi Marketing

Pernah mendengar adanya gratis pengiriman barang (free ongkir)? promo hosting gratis domain Atau promo diskon 10.10?

Ya, ada banyak cara menawarkan produk agar menarik pelanggan. Marketplace memiliki segudang strategi marketing. Artinya, Anda tidak perlu melakukannya sendiri.

Anda hanya perlu fokus kepada kualitas dan ketersediaan produk Anda ketika berjualan di marketplace.

Bahkan, marketplace juga akan memikirkan bagaimana cara menarik semakin banyak orang datang ke platform mereka.

Hal ini membutuhkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dan strategi pemasaran yang baik. Sekali lagi, Anda tidak perlu melakukan langkah tersebut sendiri.