Seiring perkembangan bisnis yang semakin tumbuh, tentu saja akan semakin banyak orang-orang yang terlibat di dalamnya. Pada awalnya mungkin kita akan berjuang sendirian, namun semakin lama untuk menumbuhkan percepatan bisnis kita tidak dapat memungkiri akan memerlukan sebuah tim — yang hebat.
Membangun tim dalam bisnis, dapat dibilang susah-susah gampang. Bahkan, banyak pengusaha yang sudah berhasil mengatakan bahwa inti dari bisnis sebenarnya adalah mengatur dan membangun orang-orang di dalamnya.
Jika saat ini Anda sedang berusaha dan mencoba membangun sebuah tim yang solid, beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu Anda.
1. Memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus
Dalam membangun super team, pengambil keputusan atau pimpinan harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik dan benar. Pemimpin yang paling efektif adalah mereka yang mampu menyesuaikan gaya mereka dengan melihat situasi seperti seberapa banyak tugas, kemampuan masing-masing anggota dan faktor-faktor lain yang mampu menyelesaikan pekerjaan. A Leader is One Who Knows The Way, Goes The Way, And Shows The Way. – John C Maxwell
2. Memiliki warna perusahaan
Perusahaan yang sedang Anda jalankan harus memiliki visi, misi dan value yang merupakan cerminan dari perusahaan Anda. Visi dan misi perusahaan kerap dikaitkan dengan jati diri perusahaan, sama dengan budaya perusahaan. Bahkan, visi dan misi lah yang menciptakan budaya perusahaan. Artinya, penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki visi dan misi. Sekarang ini, membuat visi dan misi perusahaan mungkin bukan hal yang sulit. Dengan bercermin dari perusahaan-perusahaan lain yang unggul, sebenarnya kita bisa membentuk visi misi sendiri.
3. Mengetahui siapa timnya
Anda perlu mengetahui dengan benar dan detail siapa saja yang bergabung dengan Anda. Mulai dari merekrut hingga penempatan dalam tim Anda.
4. Meningkatkan kemampuan khusus
Guna membangun Super Team, Anda perlu menyiapkan mereka melalui pelatihan peningkatan soft skill ataupun hard skill. Buat agenda dalam pelatihan tersebut. misalnya peningkatan Soft Skills, ada kemampuan kepemimpinan, managerial, komunikasi, motivasi, dll. Sedangkan untuk pelatihan Hard Skills ada sales & marketing, SOP, KPI, dll.
5. Membuat peraturan
Super team dapat juga terbentuk ketika Anda dan tim berkumpul untuk membuat rencana daftar target dari pencapaian terbaik.
6. Evaluasi intern
Manfaatnya adalah untuk mencari apa saja yang perlu ditingkatkan dari tim Anda agar mereka bekerja dengan bahagia dan produktif.
7. Membangun dan memahami tim
Anda perlu mengerti pendapat mereka dan mengevaluasinya. sehingga mereka merasa didengarkan, merasa bahagia, bekerja dengan Anda, dan akhirnya mereka bertumbuh bersama perusahaan Anda.